26 September 2010

Lumpuh saat tidur (Sleep Paralysis)

Pernah tidak kalian mengalamai kejadian ketika tidur, padasaat mau bangun (setengah sadar) tidak bisa menggerakkan beberapa anggotaa badan? Dan kemudian kalian mengalami kepanikan atau ketakutan? Peristiwa tersebut disebut sleep paralysis (lumpuh saat tidur). Kelumpuhan saat tidur (sleep paralysis) adalah suatu kondisi seseorang yang sedang berbaring terlentang saat baru saja tertidur atau baru akan terbangun tapi menemukan dirinya tidak bisa bergerak atau berbicara. Biasanya hal ini kejadiannya bersamaan dengan mimpi buruk, sehingga kesannya menyeramkan.
Saya pernah mengalaminya, dan bahkan hampir sering terjadi. Pertama kali aku mengalami hal ini ketika aku masih kecil, kira-kira 4 tahun.
Rekayasa mimpi:
Ketika saya terbangun dari tidur dan menemukan bahwa tubuhku sulit ku kendalikan (lumpuh), ketika itu kepalaku juga terasa kaku dan menghadap ke ventilasi pintu dan aku melihat sesosok mata merah dan bercahaya. (aku tidak tahu apakah ini terjadi di dalam mimpi atau kenyataan, yang jelas kejadiannya latar tempatnya sama dengan tempat aku tidur, serta posisi tidur). Aku sempat berteriak memanggil Ibuku, tapi ternyata aku berteriak dalam mimpi saja. Untung saja pada saat umur ini terjadinya sekali, tetapi aku masih mengingatnya.

Ketika aku berumur 14 tahun ini aku kembali dan sering mengalami hal serupa, tetapi tidak melihat sesosok yang aneh. Saat terjadi hal serupa kemarin lah lagi melihat sesosok yang aneh:
Rekayasa:

(25/09/10) Aku mimpi 3x dan mimpinya sama. Sebuah mimpi buruk,
- mimpi 1: aku bermimpi: aku bangun dari tidur tapi masih berbaring di tempat tidur lalu entah kenapa itu terasa buruk dan menyeramkan, lalu aku mencoba bangun dari mimpi itu.... tapi susah (terasa kaku) "weh bangun-bangun ini bukan mimpi yg wajar" aku berkata dalam mimpi ku
- mimpi 2: aku bermimpi hal serupa seperti mimpi yg pertama...
- mimpi 3: agak lebih ekstrem menakutkannya... mimpi hal serupa seperti mimpi pertama, tapi aku teriak n ternyata teriaknya dalam mimpi "kakak... kakak..." aku mau bangunin kakakku untuk bangunkan aku..... (terasa kaku, susah bangunnya) lalu aku membuka mata (dalam mimpi) dan melihat di depanku ada sesosok  yang mukanya rata.... lalu aku bejek muka sesosok yang aneh itu tersebut (dalam mimpi) lalu aku terbangun dari tidur ku....... (serem banget)
Berikut ini adalah kejadian yang pernah dialami orang-orang:
  • pandangan kabur
  • ketakutan
  • merasakan suatu ‘keberadaan’
  • merasa tekanan berat di tubuh
  • merasa tak dapat bernafas
  • merasakan ancaman kematian
  • halusinasi suara
  • halusinasi visual spt bayangan, cahaya dll.
  • perasaan melayang (out of body exp)
  • halusinasi gerakan

Sebab-sebab
Menurut medis, keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak disebut sleep paralysis alias tidur lumpuh (karena tubuh tak bisa bergerak dan serasa lumpuh). Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya.

Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan. Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit. Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.

Di dunia Barat, fenomena tindihan sering disebut mimpi buruk inkubus atau old hag berdasarkan bentuk bayangan yang muncul. Ada juga yang merasa melihat agen rahasia asing atau alien. Sementara di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas.

Menurut Al Cheyne, peneliti dari Universitas Waterloo, Kanada, sleep paralysis, adalah sejenis halusinasi karena adanya malfungsi tidur di tahap rapid eye movement (REM).

Sebagai pengetahuan, berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM. Pada tahap inilah mimpi terjadi.

Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM).

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, sleep paralysis juga bisa disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur.

Mitos-mitos

- Di budaya Afro-Amerika, gangguan tidur ini disebut the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang.
- Di budaya China, disebut gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang.
- Di budaya Meksiko, disebut se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang.
- Di budaya Kamboja, Laos dan Thailand, disebut pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka.
- Di budaya Islandia, disebut mara. Ini adalah kata kuno bahasa Island. Artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas.
- Di budaya Tuki, disebut karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya.
- Di budaya Jepang, disebut kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus.
- Di budaya Vietnam, disebut ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang.
- Di budaya Hungaria, disebut lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur.
- Di budaya Malta, gangguan tidur ini dianggap sebagai serangan oleh Haddiela (istri Hares), dewa bangsa Malta yang menghantui orang dengan cara merasuki orang tersebut. Dan untuk terhindar dari serangan Haddiela, seseorang harus menaruh benda dari perak atau sebuah pisau di bawah bantal saat tidur.
- Di budaya New Guinea, fenomena ini disebut Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis.

Mungkin bisa membantu
Jika mengalami kelumpuhan tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terlepas dari kondisi ini, yaitu:
  1. Cobalah untuk memastikan dan mengatur agar bisa tidur dalam posisi santai, serta usahakan untuk tidak terlalu lelah saat akan tidur. Karena kelelahan yang parah cenderung meningkatkan kemungkinan mengalami kelumpuhan tidur.
  2. Usahakan untuk tidur dengan nyenyak, dalam arti tidak sering terbangun atau tidak merasa gelisah saat tidur.
  3. Jika pernah mengalaminya, cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya sehingga bisa menghindari situasi atau kondisi yang terkait.
  4. Usahakan tidur di tempat yang tenang dan memiliki ventilasi yang baik seperti ruangan berangin.
  5. Sebelum tidur cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau membaca sesuatu yang menyenangkan dan lucu. Teknik ini bisa menghilangkan kecemasan yang bisa menjadi faktor penyebab kelumpuhan tidur.
  6. Jika mengalami kelumpuhan saat tidur, usahakan untuk menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya dengan paksa. Hal ini bisa membantu seseorang untuk terjaga.
  7. Jika merasa akan mengalami kelumpuhan tidur, cobalah untuk melakukan beberapa jenis gerakan seperti menggerakkan jari sebagai bentuk perlawanan.
Sumber:

12 comments:

  1. seraam..,, mudah2n aq gk akn pernah ky gtu

    ReplyDelete
  2. @atheyS: Ya, mudah2an aja untuk mu
    untuk q mudah2 an gx terjadi lagi...

    ReplyDelete
  3. hahahahahahaha
    q juga pernah katak gitu,,, kira kira 2 bulan yang lalu...

    tapi ada juga sebab selain gelombang otak itu....

    otak mengeluarkan zat lumpuh sewaktu kita bermimpi (msak kta mimpi dikejar ajning,, kita juga lari di kenyataan?, maka otak mengeluarkan zat tersebut)
    mungkin karena secara tidak langsung otak kembali sadar tetapi zat tersebut masih aktif,, jadi begitulah...

    ReplyDelete
  4. sangat membantu..
    kebetulan saya juga pengen tau..
    salam, sama2 dari bali..

    ReplyDelete
  5. Aku sering banget. Katagori yang mndengat suara aneh2nya juga. Tapi anehnya iya aku alalu merasa sadar. Hati kecil dan otak aki tuh sadar dan ketika sangking seringnya aku bgtu. Aku smpat bicara dlm hati kalo ini mimpi dan ini udah sering terjadi. Jd aku slalu berdoa dgn sesadarnya meski hnya dlm hati. Sampai akhrnya aku bsa bergerak.aku juga pernah lihat sosok perempuan yg sering hadir pda saat aku kjadian sprti ini. Ini kira2 berlangsung antara stgh jam smp 1 jaman dari awal kit tdr. Perasaan baru nempel bantal sbntar tp anehnya lngsung gak bsa bergerak

    ReplyDelete
  6. Aku masih sampe sekarang eh yg kya gituaan! Dari smp kelas 3 smpe skrng sya sma klas 2 dan masih trkena yg kya gituan. Saya heran, itu terjadi hampir tiap malam, nmun kjadiannya hanya trjadi kalo aku lgi tdur sndirian misalmya org rmh pda.tdran smua di kmr, aku sndiri tdr di ruang tamu, pada saat aku baring sbntran eh mala lmgsung kya ga bisa bgerak tapi yg anehnya pikiran sama hati nd teikut, pkiramku saat itu "aduh sialnya ko bgini lagi ya, ini mimpi atau bukam" tapi ga bisa gerak ama teriak. Tapi anehnya kalo ad org bicara atau lewat itu bisa kudengar tapi tetap ga bisa gerak, lalu kalo.udh tebamgun asli kutanya sama mereka, tpi mreka mgeliat aku mmng tdr ko kya org biasa. Yh memang tdr ya kn tpi tdr aneh..? Baru bamgunnya susah lagi, jdi dalam hati pasrah aja smbil bebaca ayat ayat, lalu kalo udh bngun kalo lambat bangun(berdiri) biasanyaa tekena lagi! Aneh kn,,,, lalu klo udh brhasil bngun atau spenuhmya sadar aku cepat" ke kmr gabung sma kaka" yg lain, baru trasa nyaman udh tdrnya,,,, GANGGUAN JIN KALI INI YAK

    ReplyDelete
  7. Aku sering begitu.. Tapi versinya beda.. Kalau lg mimpi buruk lalu pengen teriak itu serasa gak mampu.. Kadang kala aq tau itu mimpi trus nyoba buat bangun itu sulit..

    ReplyDelete
  8. Ini kenapa ya. Aku juga gitu bisa dibilang setiap hari.pernah aku ga mau bangun ikut aja yang namanya ketindihan disuruh ikut ke alam mana gitu. Aku ikut aja ke sebuah lorong. Dan jatuh ke ruang hampa hitam. Tapi semakin aku ikut jantung ku sakit sekali dan aku sadar sakitnya minta ampun. Disaat itu aku hanya pasrah tidak tahu mau apa. Syukur aku bisa bangun.
    Aku juga setiap ketindihan liat sosok yang aneh2. Dan btw, akhir2 ini aku sering liat sosok trus pas liat lagi gada, suara berisik, dll. Entah itu hayalan atau gangguan jin.

    ReplyDelete
  9. Ini kenapa ya. Aku juga gitu bisa dibilang setiap hari.pernah aku ga mau bangun ikut aja yang namanya ketindihan disuruh ikut ke alam mana gitu. Aku ikut aja ke sebuah lorong. Dan jatuh ke ruang hampa hitam. Tapi semakin aku ikut jantung ku sakit sekali dan aku sadar sakitnya minta ampun. Disaat itu aku hanya pasrah tidak tahu mau apa. Syukur aku bisa bangun.
    Aku juga setiap ketindihan liat sosok yang aneh2. Dan btw, akhir2 ini aku sering liat sosok trus pas liat lagi gada, suara berisik, dll. Entah itu hayalan atau gangguan jin.

    ReplyDelete
  10. Aku bingung tubuhku ga bisa bergerak sdgkan mataku lah kebuka, mau manggil teman yg tidur disamping ga bisa. Dalan mimpi itu aku ga melihat ssok apa2. Itu kenapa ya? Ada yg sama kayak aq?

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails